Blogger news

Senin, 03 Desember 2012

Penyebaran Islam di Indonesia

Islam dibawa ke Indonesia oleh pedagang dari Gujarat , India pada abad kesebelas, meskipun Muslim telah mengunjungi kepulauan di awal era Islam. Pada akhir abad ke-16, Islam, melalui konversi, telah melampaui Hindu dan Buddha sebagai agama dominan rakyat Jawa dan Sumatera . Bali mempertahankan mayoritas Hindu-praktisi, sementara pulau-pulau bagian timur sebagian besar tetap animisme sampai 17 dan 18 abad ketika kekristenan menjadi dominan di daerah tersebut.
Penyebaran Islam didorong oleh meningkatnya jaringan perdagangan di luar Nusantara. Pedagang dan royalti dari kerajaan besar biasanya yang pertama untuk mengadopsi Islam. Kerajaan yang dominan termasuk Mataram di Jawa Tengah , dan kesultanan Ternate dan Tidore di Kepulauan Maluku di sebelah timur. Pada akhir abad ketiga belas, Islam telah didirikan di Sumatera Utara, oleh keempat belas di timur laut Malaya , Brunei , bagian selatan Filipina , dan di antara beberapa pejabat istana Jawa Timur , dan kelima belas di Malaka dan daerah lain dari Semenanjung Melayu . Meskipun diketahui bahwa penyebaran Islam mulai di bagian barat nusantara, bukti fragmentaris tidak menyarankan gelombang bergulir konversi melalui daerah sekitarnya, melainkan menunjukkan proses itu rumit dan lambat.
Meskipun menjadi salah satu perkembangan yang paling signifikan dalam sejarah Indonesia, bukti sejarah fragmentaris dan umumnya tidak informatif sehingga pemahaman tentang kedatangan Islam ke Indonesia terbatas, ada perdebatan di antara ulama tentang apa kesimpulan yang bisa ditarik tentang konversi masyarakat Indonesia . Bukti utama, setidaknya dari tahap-tahap awal proses, adalah batu nisan dan beberapa wisatawan rekening, tetapi ini hanya dapat menunjukkan bahwa umat Islam pribumi di tempat tertentu pada waktu tertentu. Bukti ini tidak dapat menjelaskan lebih hal-hal rumit seperti bagaimana gaya hidup yang dipengaruhi oleh agama baru atau seberapa dalam mempengaruhi masyarakat. Hal ini tidak dapat diasumsikan , misalnya, bahwa karena penguasa dikenal sebagai seorang Muslim, bahwa proses Islamisasi daerah yang lengkap, melainkan proses itu, dan tetap sampai hari ini, suatu proses yang berkesinambungan di Indonesia.

Sejarah Awal


Bukti sejarah fragmentaris dan umumnya tidak informatif sehingga pemahaman tentang kedatangan Islam ke Indonesia terbatas, ada perdebatan di antara ulama tentang apa kesimpulan yang bisa ditarik tentang konversi masyarakat Indonesia. [1] : 3 Bukti utama, setidaknya dari tahap-tahap awal proses, adalah batu nisan dan rekening beberapa wisatawan ', tetapi ini hanya dapat menunjukkan bahwa umat Islam pribumi di tempat tertentu pada waktu tertentu. Pemerintah baik di Indonesia kolonial dan republik telah disukai Hindu dan Budha situs di Jawa dalam alokasi sumber daya mereka untuk penggalian dan pelestarian, dengan kurang penekanan pada sejarah awal Islam di Indonesia. Dana, baik negeri maupun swasta, yang dihabiskan untuk pembangunan masjid baru, bukan eksplorasi yang lama. [2]
Sebelum Islam didirikan di antara masyarakat Indonesia, pedagang Muslim telah hadir selama beberapa abad. Ricklefs (1991) mengidentifikasi dua proses tumpang tindih dimana Islamisasi Indonesia terjadi: Indonesia baik datang ke dalam kontak dengan Islam dan dikonversi, dan / atau luar negeri Muslim Asia (India, Cina, Arab, dll) menetap di Indonesia dan dicampur dengan masyarakat lokal . Islam diperkirakan telah hadir di Asia Tenggara sejak awal di era Islam. Dari saat khalifah Islam ketiga, ' Utsman '(644-656) utusan Muslim dan pedagang berdatangan di Cina yang harus telah lulus Indonesia rute laut melalui Indonesia dari dunia Islam. Ini akan telah melalui kontak ini bahwa utusan Arab antara 904 dan pertengahan abad ke-belas diperkirakan telah terlibat dalam Sumatera negara perdagangan Sriwijaya .
Laporan keuangan awal dari tanggal kepulauan Indonesia dari kekhalifahan Abbasiyah , menurut mereka account awal kepulauan Indonesia yang terkenal di antara awal Muslim Pelaut terutama karena kelimpahan berharga perdagangan rempah-rempah komoditas seperti Pala , Cengkeh , lengkuas dan rempah-rempah lainnya. [ 3] [4]
Kehadiran asing Muslim di Indonesia tidak, bagaimanapun, menunjukkan tingkat yang signifikan konversi lokal atau pendirian negara Islam setempat. [1] : 3 Bukti yang paling dapat diandalkan penyebaran awal Islam di Indonesia berasal dari tulisan di batu nisan dan sejumlah rekening wisatawan '. Batu nisan terbaca tertulis paling awal adalah tanggal AH 475 (AD 1082) meskipun seperti itu milik non-Muslim Indonesia, ada keraguan, apakah itu tidak diangkut ke Jawa di lain waktu. Bukti pertama Muslim Indonesia berasal dari Sumatra Utara, Marco Polo , dalam perjalanan pulang dari Cina pada tahun 1292, dilaporkan setidaknya satu kota Muslim, [5] dan bukti pertama dari dinasti Muslim adalah batu nisan, tanggal AH 696 (AD 1297), dari Sultan Malik al Saleh , penguasa Muslim pertama Samudera Pasai , dengan batu nisan lanjut menunjukkan pemerintahan Islam terus. Kehadiran Syafi'i sekolah pemikiran, yang untuk kemudian mendominasi Indonesia dilaporkan oleh Ibnu Battutah , seorang Maroko traveler, tahun 1346. Dalam log perjalanannya, Ibnu Battutah menulis bahwa penguasa Samudera Pasai adalah seorang Muslim , yang melakukan tugas agamanya dalam semangat nya terbaik. The madh'hab yang digunakannya adalah Imam Syafi'i dengan kebiasaan yang sama ia lihat di India.
 

0 komentar:

Posting Komentar