Blogger news

Kamis, 20 Desember 2012

Menyibak misteri pencak, menguak pencak rahasia.


Hari minggu 06 Maret 2011 kemarin Tangtungan Project kembali melakukan ekspedisi kecil menapaki jejak pencak silat tradisional. dalam perjalanan kali ini kami beruntung dapat bersama Gusman GJ Nawi, seorang peneliti pencak silat tradisional Betawi yang sedang menyelesaikan bukunya, yang bercerita tentang Maen Pukulan Betawi.
Perjalanan kami awali dengan mengunjungi Bpk Hasan Djafar atau yang sering dipanggil Mang Hasan. Legenda Arkeologi Indonesia yang kemarin menjadi pembicara dalam seminar “Pencak SIlat dalam Perspektif Sejarah dan Budaya” ini banyak menularkan ilmunya dan membuka tirai rahasia perjalanan sejarah bangsa Nusantara kepada kami. dari diskusi ini kami mendapatkan banyak masukan tentang jejak pencak silat tradisional di nusantara
Setelah dari kediaman Mang Hasan kami engunjungi silat gombel. sudah berpuluh tahun Silat Gombel ini di sembunyikan dari masyarakat umum. Para praktisi Silat Gombel ini bagaikan komunitas rahasia, bahkan mereka memakai sandi-sandi tertentu untuk mengenali sesama murid silat Gombel.
Bersyukur kami diterima dengan sangat terbuka sekali oleh para sesepuh dan murid Silat Gombel, bahkan kami dengan sangat baik hati sekali di perlihatkan beberapa jurus dan aplikasi khas Silat Gombel ini. Kami juga diperkenankan untuk mendata sejarah perkembangan silat rahasia ini.
Sebelum pamit para sesepuh Silat gombel berpesan agar kami segera kembali lagi untuk dapat diperlihatkan beberapa maenan mereka lainnya secara lengkap.
Tangtungan terus setia kepada misi kami untuk menggali kembali pencak silat tradisional dan mendudukan kembali pencak silat sebagai Jati Diri Bangsa Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar